Skip to content

Pembayaran PBB Pedesaan dan Perkotaan

March 26, 2012

Pembayaran PBB dapat dilakukan melalui 2 (dua) tempat yaitu Tempat Pembayaran (TP) maupun Tempat Pembayaran Elektronik (TP Elektronik) dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Untuk pembayaran PBB sektor Pedesaan dan Perkotaan dilakukan di Tempat Pembayaran (TP) yaitu Bank Umum atau Kantor Pos yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan.Pembayaran dapat dilakukan dengan mendatangani bank terdekat maupun secara elektronik (Tempat Pembayaran Elektronik) dengan ATM, e-banking, mobile banking, dan lain-lain.Untuk daerah tertentu yang suilit menjangkau TP maka ditunjuk petugas pemungut PBB yang bertugas memungut PBB dan menyetorkannya ke TP.

2. Untuk pembayaran PBB sektor Perkebunan,Kehutanan, dan Pertambangan Non Migas dilakukan di Bank/Pos Persepsi yaitu Bank Umum/Kantor Pos yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan untuk menerima pemindahbukuan hasil penerimaan PBB dari Tempat Pembayaran (TP) dan melimpahkan hasil penerimaan PBB ke Bank Operasional III. Wewenang penunjukan dilimpahkan kepada Direktur Jendral Pajak.

3. Sektor Pertambangan Migas dan Energi Panas Bumi dilakukan di Bank/Pos Persepsi yang merangkap sebagai BO III yaitu Bank Umum yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan untuk menerima pelimpahan hasil penerimaan PBB dari Bank/Pos Persepsi dan Bank/Pos Persepsi Elektronik, melakukan pembagian hasil penerimaan PBB dan membayar pengembalian kelebihan pembayaran PBB. Wewenang penunjukan dilimpahkan kepada Direktur Jendral Pajak.

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: